Tips Akomodasi Ke Pulau Sempu


Oke bro dan Sista, yang mau ke Pulau Sempu dengan budget minim/mahal, saya kasih tips dan trik akomodasinya. Saya sedikit lumayan mengenal kota malang, karena saya sering berkunjung kesini dan memiliki banyak teman disini. Cekidot yah.

Dari Jakarta (disarankan naik kereta)

  1. Kereta Ekonomi Ka. Matamarja Jurusan Malang dari Stasiun Pasar Senen keberangkatan Jam 14.00 .Turun di Stasiun Kota Baru Malang paling cepat Jam 7 pagi sudah sampe. Ka Matamarja ini lewat Jalur Selatan, jd bagi kamu yang tinggal di Yogya, Cirebon, Madiun, Solo, Purwokerto pasti dilewati kereta ini. Untuk Jam-jamnya bisa ditanyakan ke petugas Kereta Api di kota kamu. Kalo dah sampe Stasiun Kota Baru pastikan lihat Jadwal Kereta untuk Pulang Kembalinya. Pesen Tiket baliknya sekalian terutama untuk Kereta Jarak Jauh misal Malang-Yogya-Jakarta, karena peraturan terbaru PT KAI bahwa semua penumpang kereta ekonomi  mendapat kapasitas layanan duduk 100%. Jadi gak ada yang lagi berdiri dan berdesak-desakan. Umumnya, orang-orang dah pesen tiket hari-hari sebelumnya. Pengalaman Penulis, Waktu pesan tiket kereta Ka Matamarja ke Yogya dari Malang kehabisan tiket kereta pada hari H
  2. Alternatif lainnya kamu bisa naik Kereta Bisnis Senja Singosari dengan budget 220.000 ke Malang Jam keberangkatan 15.00 dari stasiun pasar Senen. Atau naik kereta Gajayana dari Stasiun Gambir keberangkatan jam 17.00 dan sampe malang jam setengah 10 pagi (gak recommended karena sudah agak siang sampe malang, kecuali kamu mau bikin tenda penginapan di Pulau Sempu). Tiket Kereta di hari weekend lebih mahal daripada tiket di Hari senin-kamis

Setiba di Malang (stasiun kota baru Malang):

  1. Dari stasiun kota baru Malang naik angkot ke Terminal Gadang (naik angkot kode LG, AMG, AJG, GA). Ongkosnya Rp. 3000. Tanya sama supirnya dahulu apakah rutenya ke Terminal Gadang dan Jangan nyebrang jalan. Pengalaman teman saya waktu naik GA malah dianterin ke terminal arjosari haha.
  2. Terminal Gadang ke Kecamatan Turen naik bus ke arah Turen. Dari terminal jalan sedikit ke arah perempatan, Ntar ada kondektur teriak  “turen turen”. Jadi kamu naik ini aja!! Cuma keluar duit 4000.
  3. Dari Turen naik Mobil Angkutan Umum Suzuki carry ke arah Pantai Sendang Biru. Muatan 15 Orang. Per Orang Rp 10.000. Bisa dicarter kok buat antar Jemput dari Turen ke Pantai Sendang Biru PP  Rp. 150000-300000. Tergantung kemampuan lobi kamu.

Dari Terminal Arjosari (Perhentian Bus bus dari arah Surabaya, Pasuruan):

  1. Terminal Arjosari Malang ke Terminal Gadang (angkot/bemo) dengan kode AG. Ongkosnya saya gak tahu mungkin sekitar Rp 4000 kalo gak 3000.
  2. Terminal Gadang ke Kecamatan Turen naik bus ke arah Turen. Dari terminal jalan sedikit ke arah perempatan, Ntar ada kondektur teriak  “turen turen”. Jadi kamu naik ini aja!! Ongkosnya Rp 4000
  3. Dari Turen naik Mobil Angkutan Umum Suzuki carry ke arah Pantai Sendang Biru. Muatan 15 Orang. Per Orang Rp 10.000. Bisa dicarter kok buat antar Jemput dari Turen ke Pantai Sendang Biru PP  Rp. 150000-300000. Tergantung kemampuan lobi kamu.

Dari Terminal Bus Landungsari (Perhentian Bus  bus dari Jombang atau Kediri)  :

  1. Terminal Landungsari – Terminal Gadang naik angkot/Bemo dengan kode GL ongkosnya Rp 3000 kalo gak 4000. yang jelas sopir angkotnya gak macem2 kok.
  2. Terminal Gadang ke Kecamatan turen naik bus ke arah Turen. Dari terminal jalan sedikit ke arah perempatan, Ntar ada kondektur teriak  “turen turen”. Jadi kamu naik ini saja dengan budget 4000
  3. Dari Turen naik Mobil Angkutan Umum Suzuki carry ke arah Pantai Sendang Biru. Muatan 15 Orang. Per Orang Rp 10.000. Bisa dicarter kok buat antar Jemput dari Turen ke Pantai Sendang Biru PP  Rp. 150000-300000. Tergantung kemampuan lobi kamu.

Dari Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang atau Bandara Juanda, Surabaya

  1. Naik Taksi Bandara ke Terminal Gadang
  2. Terminal Gadang ke Kecamatan turen naik bus ke arah Turen. Ntar ada kondektur teriak  “turen turen” .Jadi kamu naik ini saja dengan budget 4000
  3. Dari Turen naik Mobil Angkutan Umum Suzuki carry ke arah Pantai Sendang Biru. Muatan 15 Orang. Per Orang Rp 10.000. Bisa dicarter kok buat antar Jemput dari Turen ke Pantai Sendang Biru PP  Rp. 150000-200000. Tergantung kemampuan lobi kamu.

Note : kalo mau naik pesawat, disarankan untuk membandingkan harga dengan destinasi/tujuan ke Surabaya. Sometimes, pesawat ke Surabaya lebih murah daripada ke Malang langsung. Apalagi Surabaya-Malang dapat ditempuh 2 jam. Kalau dari Surabaya, begitu mendarat di Bandara Juanda, kamu bisa naik Bus Damri ke Terminal Bungurasih Rp 15.000. Dari terminal ini, kamu naik Bus ke arah Malang. Ada banyak pilihan disini kok, mau yang tarif Patas tau tarif biasa.

Note : Angkot Mobil Carry dari Pantai Sendang Biru menuju Turen, jam 3 sore sudah gak ada. Paling lama setengah 4 sore, itu kalo kamu beruntung ada angkot yang mangkal atau lewat. Karena Pantai Sendang Biru ini bukan terminal dan jarang dilewati angkot apalagi bukan termasuk rute utama angkot  , Ada baiknya kamu minta supir yang mengantar kamu dari Turen minta dijemput 3 Sore. Sebenarnya Tempat Perhentian terakhir angkot ini di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang gak jauh dengan Pantai Sendang Biru. Kalo dari Turen, ada penumpang yang akan menuju pulau sempu pasti dianterin ke Pantai Sendang biru sama supirnya.

Note : Rute Dari Kota Malang Menuju Sempu Island :

Malang – Turen – Sendang Biru (Pantai Sendang biru) – Nyebrang Selat Sempu – Pulau Sempu.

Note :
1. Lama Perjalanan dari Malang menuju Pantai Sendang Biru normalnya 2,5 – 3 Jam. So buat kamu yang pengen ke Sempu disaranin berangkat pagi dari kota Malang kalo kamu pengen lama-lama di Pulau Sempu.
2. Lama Perjalanan Pantai Sendang Biru – Teluk Semut (Pulau Sempu) 10 Menit
3. Trekking dari teluk Semut – Segara Anakan kurang lebih 1-1,5 Jam. Saya sendiri cuma 1 Jam.
4. Trekking dari Segara Anakan-Pantai kembar 1- Pantai Kembar 2- Pantai Pasir Panjang 30-45 Menit. Pantainya gak jauh2 amat kok.

1. Teluk Semut
2 Segara Anakan
3 Pantai kembar 1
4 Pantai Kembar 2
5 Pantai Pasir Panjang

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di My Adventure dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

23 Balasan ke Tips Akomodasi Ke Pulau Sempu

  1. doddy berkata:

    Ma,kasih infonya
    Trus di pantai sendangbiru ada penginapannya nggak?

    • Indra berkata:

      kalo mau nginap, camping aja di segara anakan..tp kamu harus bawa bekal minuman krena ga ada air tawar di pulau sempu. kalo makan kan bisa mancing ikan di segara anakan. Di pantai sendang biru tdk ada losmen atau hotel..mungkin bs nginap di penduduk lokal atau di balai konservasi

  2. Tatag berkata:

    Ada tapi tidak resmi maksudnya nginap dirumah warga lokal di sendang biru gt

  3. Ping balik: Sejuta Pesona Pulau Sempu | Beta Cinta Indonesia

  4. pasukanlangit berkata:

    ane dah tiga kali kesana…sempu memang eksotis

  5. yungz28 berkata:

    nice info gan😀 bener-bener membantu…

  6. Anonim berkata:

    Great! thanx for sharing🙂

  7. Anonim berkata:

    klo bawa mobil pribadi parkirnya dimana gan..?? aman ga??

  8. Indra berkata:

    Ini sudah setahun yang lalu saya menginjakkan pulau sempu. Waktu itu di sendang biru tidak ada fasilitas penitipan mobil pribadi. Seandainya ada, tentu ada penjaga yg bertanggung jawab menjaga mobil para wisatawan. Saya tdk tahu sekarang, apa pengelola kawasan wisata tersebut menyediakan penitipan itu. Saudara bs cari informasi ke backpacker lainnya yang baru 3-4 bulan yg lalu bertandang ke sempu mengenai penitipan mobil. Kalau tdk ada, sangat riskan membiarkan mobil ditinggal di sendang biru. Shg lebih baik menyewa mobil travel dan supir.

  9. Cu2n Abhe berkata:

    Infonya detail n sangat membantu, makasih banyak Mass Bro

  10. Cu2n Abhe berkata:

    ada retribusi untuk ngecamp di Segara Anakan ngga Gan?

  11. aya berkata:

    mau tanya apa benar ya di cagar alam sempu ada macan kumbangnya??
    apa tidah berbahaya kalu kita kesana??

  12. Anonim berkata:

    mas mau tanya kalo ongkos perahu kira” berapa?
    apa hanya segitu saja kira kira budget yang harus dikeluarkan dari jakarta ??
    kalo boleh minta spesifikasinya..
    makasih sebelumnya

  13. iphu berkata:

    mas mau tanya..
    kira kira naik perahu dari sendang biru ke teluk semut brp ya?
    trus klo boleh minta spesifikasi budget dari jakarta ke pulau sempu..
    makasih sebelumnya mas

    • Indra berkata:

      sendang biru ke telik semut 100-150 rb.
      Sewa Mobil Malang-Sendang biru 450 rb/hr
      Ongkos kereta Jak-Malang ekonomi ga sampe 50 rb mungkin. klo PP berarti 100 rb
      blum masuk makanan misal 30.000/orang/hari.
      tinggal itung aja berapa budgetny

  14. Anonim berkata:

    thank you mas indra, mw dicoba ah

  15. Ping balik: Sejuta Pesona Pulau Sempu | Beta Cinta Indonesia

  16. Meta Fitrin berkata:

    Mas Indra, mau tanya…begitu dari teluk semut ke segara anakan jalur/jalan trekkingnya terlihat jelas atau ada penunjuk arahnya? Mau kesana nih. Thanks sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s