Sesuatu di dalam Jeruk Bali


jeruk bali

jeruk bali

Dari dulu selalu penasaran dengan yang namanya jeruk bali. Waktu SMP saya pernah dikasih jeruk bali sama tetangga. Hm..setelah dirasain, kapok dah saya makan jeruk bali. Sebenarnya rasanya manis manis pahit. Berarti jenis rasa apa itu?? delicious-delicious bitter hehe. Tekstur daging buah didalamnya membuat saya hilang selera. Shock liat buah jeruk yang kegedean.

Barusan sore ini ketemu sama abang pedagang buah yang biasa mangkal manis dengan gerobaknya di kompleks perumahan tempat saya ngekos. Biasanya saya selalu langganan rujak manis dan buah-buahan sama abang ini. Cuma ada satu buah yang belum pernah saya cicipin dari buah-buahan yang dijual abang ini yaitu Jeruk bali.

“Itu buah apa yang gede?”

“Jeruk Bali”

“Emang ada yang beli buah itu bang. Kok saya gak suka.

“Malah buah ini cepat laku kalo saya jual di kompleks ini.”

“hah Masa?”

“Rasain saja mas..pasti enak.”

Berhubung sudah lama saya gak nyicipin buah jeruk bali, akhirnya saya beli separuh buah itu. Takut gak habis dimakan. Sampe kos-kosan, saya makan tuh buah. Gak ada yang spesial dengan buah ini. Kok rasanya pahit. Apa lidah saya yang salah. Tapi saya tetap penasaran kenapa orang-orang di kompleks perumahan ada yang suka dengan jeruk bali. Saya buka laptop, browsing internet ke mbah google dengan nulis keyword “Manfaat Jeruk Bali”. Wah, ternyata buah jeruk bali khasiatnya memang banyak. Begitu yang saya baca di sebuah artikel situs kesehatan. Jeruk bali bermanfaat menurunkan kolesterol dan melawan penyakit jantung. Jeruk Bali juga banyak mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kitakarena terbukti efektif melunturkan kolesterol jahat, dan mencegahnya masuk ke sistem peredaraan darah. Hal ini tentunya akan menurunkan resiko tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit pada sistem kardiovaskular. hm berarti orang-orang di kompleks ini banyak yang terserang penyakit jantung. Sebuah kesimpulan ngaco muncul di pikiran saya.

Makan jeruk Bali bisa membantu pengobatan diabetes. Para peneliti mengatakan, naringenin, antioksidan yang memberi rasa pahit pada jeruk Bali bisa melakukan tugas yang sama seperti dua obat-obatan terpisah yang saat ini digunakan untuk mengendalikan diabetes tipe 2. Wow, berarti saya abis makan zat yang mengandung anti oksidan. Bagian yang pahit dari Buah Jeruk bali sepertinya kalo gak salah di bagian selaput yang melapisi daging buah. Abis bagian ini yang paling pahit di lidah saya. hm berarti orang-orang di kompleks ini banyak yang terserang penyakit diabetes melitus. lagi-lagi sebuah kesimpulan ngaco muncul di pikiran saya.

Terus manfaat lainnya, Jeruk bali bisa digunakan sebagai anti aging alami atau mencegah penuaan dini karena buah ini mengandung zat spedermine, zat yang banyak terkandung di dalam sperma manusia. Zat ini memicu tumbuhnya sel-sel baru (regenerasi sel) dan pendewasaan sel. Baca artikel ini aja sudah bikin ngeres. Masa kandungan anti aging yang ada di buah ini juga ada di dalam sperma pria. Pernah saya baca di rubrik konsultasi seks yang diasuh dr. Boyke. Seorang istri nanyain, apakah menelan sperma suami bisa bikin awet muda?? Jawabannya Dr. Boyke bilangnya hanya sebuah Mitos. So kesimpulannya yang bener mana?? Penting gak sih bahas ginian!! ok..daripada membahas sesuatu yang masih grey area dan menghindari pikiran mesum yang muncul di pikiran pembaca, mending saya lanjutin lagi manfaat buah jeruk bali yang lain🙂

Warna pink pada jeruk bali, menunjukkan adanya kandungan Lycopene. Zat ini merupakan salah satu anti oksidan yang melawan proses penuaan sel akibat radikal bebas. Lycopene juga dapat menurunkan resiko kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker prostat. Walaupun memiliki seribu manfaat, namun perlu diperhatikan bahwa salah satu zat yang berada dalam jeruk bali, dapat mengikat enzim alami yang ada di dalam usus. Hal ini akan mengurangi penyerapan beberapa jenis obat pada tubuh seperti obat antidepresi, dan obat penghambat kalsium. Sehingga perlu diperhatikan, jangan pernah memakan jeruk bali bersamaan dengan obat.

Khasiat mengenai buah ini, sumbernya saya ambil disini, disitu dan disana. Semoga bermanfaat.

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di My Story dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Sesuatu di dalam Jeruk Bali

  1. oyi berkata:

    jeruk bali tuh enak kaleee…

  2. Anonim berkata:

    terima kasi wan,semoga bermanfaat buat kita

  3. Kiky Ahmad berkata:

    Kocak bahasnya….. dan terimakasih……
    Kebetulan saya Tugas di kabupaten PANGKAJENE DAN KEPULAUAN di SULSEL disini banyak warga menanm jeruk bali….Hampir semua warga menanamnya..?….. dan terimakasih articlenya…… jadi lebih berwawasan dalam memahami kandungan jeruk bali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s