Belajar Mengetik 10 Jari


Rasanya iri bila melihat teman yang lain bisa mengetik dengan 10 jari.Berkali-kali dengan setengah mampus saya mencoba mengetik 10 jari..tapi yah itu tingkat akurasi saya tetap jelek. huruf-huruf masih kebalik-balik. lagian begitu susah menekan tuts dengan jari kelingking dan jari manis. Saya biasa menggunakan  dua jari telunjuk dan satu jempol buat mengetik spasi. Atau dalam istilah tradisionalnya saya masih mengetik dengan metode 11 jari.

Mengetik di blog wordpress merupakan salah satu cara saya agar saya bisa mengetik dengan cepat. Pernah saya melihat di televisi, Kang Andrea Hirata mengetik dengan 10 jari sehingga proyek bukunya dalam dua minggu bisa selesai. That’s why saya tergerak menulis di dalam blog. Sudah setahun ngeblog tetapi masih aja teutep pake 11 jari bukan 10 jari hiks.

Untung akhirnya saya terbantu dengan sebuah free software rapid typing. Sebuah software yang ngajarin mengetik dari mulai basic hingga sampe terampil. Software ini melatih kekuatan jari kita menindih tuts keyboard terutama jari kelingking dan jari manis yang biasa jarang dipake oleh orang yang biasa mengetik 11 jari. Udah itu setiap ketikan selesai, software ini akan menampilkan result tingkat akurasi dan tingkat speed mengetik dalam per menit. Yang menarik, software ini juga menampilkan hasil bahwa kita berada di dalam range apa?? range pemula atau range terampil. Dengan hasil result ini kita bisa mengukur seberapa jauh tingkat kemajuan dalam mengetik. Selain itu, Software ini juga melatih hapalan letak huruf huruf keyboard di luar kepala. Jadi setelah mahir kita sudah jarang melihat keyboard, melainkan langsung menghadap ke layar. Saya rasa seorang penulis sekaliber Andrea Hirata, Kang abik, Mbak dee lestari dulunya mungkin juga pernah memiliki problem mengetik seperti kita. Semakin rajin berlatih the better we can type well.

Bertahanlah bila engkau sedang merasa sulit dan belum bisa seperti mereka yang bekerja dengan cara mengetik “11 jari”. Karena engkau harus menjadi orang yang mampu mengetik dengan “10 jari”. Sekarang mungkin kau merasa kalah cepat, tetapi bertahanlah, sabarlah, belajarlah karena akan tiba saatnya kau akan menyusul mereka, bahkan membuktikan bahwa lebih nyaman mengetik dengan “10 jari” (widianti gunawan)

software ini bisa download disini

Keep it up, My dearest friend🙂

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di My Story dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Belajar Mengetik 10 Jari

  1. sekolahbanyuasin berkata:

    Reblogged this on SMP 2 SUAK TAPEH and commented:
    di tunggu kunjungan balik anda http://sekolahbanyuasin.wordpress.com/

  2. SufiMuda berkata:

    Saya juga bermasalah dgn mengetik 10 jari, sampai sekarang blm bisa🙂

  3. aomeng berkata:

    Reblogged this on aomeng.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s