Sesuatu yang dengan Angkot


Entahlah. Sebenarnya saya sudah lama agak kesal dengan supir angkot. Kok kayaknya banyak kemiripan “attitude” antar supir angkot dimanapun berada – di Indonesia, meski tidak semua. Gak cuma supir angkot, tetapi juga orang yang bertugas sebagai pencari penumpang. Biasanya orang ini setelah berhasil memasukkan penumpang ke dalam angkot, si supir angkot akan memberikan uang tip kepada orang ini. Yah semacam uang balas jasa atas percaloan meski sebenarnya sebutan calo kurang pas untuk situasi ini.

Setiap turun dari kereta dan keluar stasiun, si supir angkot atau mungkin juga si calo udah nunjuk-nunjuk sambil melambaikan tangannya ke calon penumpang untuk masuk ke dalam angkotnya. Sok merasa tahu tujuan si calon penumpang. Sering saya mengalami kejadian seperti ini. Risih.

“Ayo..ayo cepetan.” teriak calo kepada calon penumpang begitu keluar dari stasiun kereta.

“Bang saya mau ke dufan?

“Ya udah masuk saja”

Lha ini kan angkot ke Lebak bulus. ujar saya dalam hati. Saya tahu bahwa angkot ini jurusan ke lebak bulus. Biasanya modus si supir angkot tuh begitu penumpang dungu masuk angkot yang bukan tujuannya, si supir nanti akan menuruninya di tengah jalan dan bilang ke penumpang suruh oper naik angkot ini bla bla bla. Padahal sebenarnya begitu keluar stasiun kereta, ada angkot yang sekali langsung ke dufan. Yang bikin jengkel si supir tidak merasa bersalah menjebak penumpang. Mungkin akan terasa lebih elok, kalo si supir membantu si penumpang dengan menyebut angkot yang harus dinaikinya. Bukan memaksa-maksa harus naik angkotnya sendiri dimana yang jelas-jelas bukan angkot rute penumpang tersebut. Kasian penumpangnya memakan cost banyak yang mana tidak harus ia tanggung. Sebenarnya ini bukan kisah saya melainkan kisah penumpang lain yang kebetulan satu angkot sama saya. Saya suruh dia keluar dari angkot sebelum angkotnya hendak jalan. Kebetulan waktu itu saya sendirian di dalam angkot.

 

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s