I Like Cempedak. Love it


Hari ini saya seneng banget. Setelah hampir 6 tahun lamanya akhirnya bisa mencicipi kembali buah cempedak. Halah apa seh, kayak orang udik saja ga pernah makan cempedak. Tapi ember saya sudah puasa hampir 6 tahun makan buah cempedak. Pertama kenal cempedak pas kuliah dulu di balikpapan. Saya kira itu buah nangka kecil yang tidak tumbuh sempurna. Ga taunya buah cempedak.

Buah Cempedak

Buah Cempedak

“Owh ini ta buah cempedak”. Begitulah ekspresi saya pertama kali melihat cempedak. Jujur saja saya tahunya Cempedak tuh dari sebuah pantun.

Buah cempedak di luar pagar
Ambil galah tolong jolokkan
Saya budak baru belajar
Kalau salah tolong tunjukkan

Nah dari situ saya kepikiran kayak apa yah buah cempedak. Sueerr dah saya ga tau bentuk cempedak kayak apa. Pas tanya mama, dia juga ga tau. Hoho. Dan rasa penasaran ini pun membawa saya melanglang buana sampe ke Balikpapan. Hadeh. Coba saya penasaran sama buah Kiwi, pasti dah saya sudah mendarat di New Zealand sekarang juga :p . Sayangnya saya sudah keburu tahu buah kiwi pas di supermarket di Jakarta taon kemaren (Keliatan banget udiknya😀 )

Kalo pas lagi musim cempedak, Biasanya mama amel yang asli banjar rajin bikin cempedak goreng. Mama amel ini juga ngekos di tempat kos kami. Kebetulan kosan kami adalah kos rumah tangga campur sama kosan anak2 muda. Jadi semua berbaur disitu. Di kosan ini saya jadi kenal orang maluku, saya jadi kenal orang manado, kenal orang Lampung, dan juga orang Jawa. Rata2 mereka adalah orang-orang yang mencoba mengadu nasib di Balikpapan. Dan balikpapan yang saya ketahui, penduduknya beragam. Justru suku dayak disini sedikit sekali. Karena balikpapan merupakan kota minyak, maka tak heran kalo banyak pendatang datang dari banyak penjuru. Jawa, Makasar, Bugis, Manado, Maluku, Batak dan Sumatra. Mereka semua mencoba peruntungan hidup disini.

Buah Cempedak ini mirip duren baunya. Dan kalo digoreng, harumnya minta ampun menyebar ke tiap kamar kos2an. Kalo sudah begini, doa saya cuma satu : Semoga mama amel ngasih saya cempedak goreng. Dan ternyata hampir semua doa saya dikabulin haha. Apalagi si Amel anaknya yang berumur 6 tahun suka main ke kamar saya. Dan wajah saya langsung sumringah kalo amel ke kamar bawa piring berisikan cempedak goreng yang masih fresh from the oven.

cempedak goreng

cempedak goreng

“Ini om, cempedak dari mama”

” Terima Kasih Amel. Amel baik hati dah. Anak Manis. Ga Pelitan sama om nya”. Mulut emang berpandai manis kalo dikasih yang enak hehe. Hm tapi keki juga dipanggil Om-Om. Sudah berkali-kali saya menegur bocah itu agar panggil mas saja. Umur 19 tahun sudah dipanggil om om. Ah yang benar saja. Muka masih muda begini.

 Sejak itu saya mulai suka cempedak. Pernah di awal bulan saya ngidam sekali makan cempedak. Saya dan teman2 saya kemudian minta titip bu Mila. Bu mila ini langganan kami setiap hari untuk membeli lauk pauk dan kuah sayur yang sudah jadi. Pas saya utarakan masalah cempedak, Bu mila mau dititipin beli cempedak di pasar. Udah itu Bu Mila mau goreng sendiri cempedak kami. Alhamdulillah. Saya di Balikpapan dianugerahi tetangga-tetangga baik hati. So sweet dah.

Berhubung ortu saya penasaran sama buah cempedak, akhirnya saya bawa tuh buah cempedak ke Jawa. Karena baunya yang menusuk, praktis nanti bagasi kami pas check in di counter bakal ditolak. Karena peraturan bagasi pesawat menyebutkan bahwa penumpang dilarang membawa barang yang berbau tajam dan Senjata tajam. Untung Bu Mila mau membagi pengalamannya membawa cempedak pas mudik ke jawa dengan pesawat.  Ternyata untuk meloloskan buah Cempedak agar bisa masuk bagasi pesawat, dibutuhkan bubuk kopi. Bubuk kopi ini ditaburkan ke dalam kardus yang akan dimasukkan buah cempedak. Jadi nantinya bau kopi ini akan menetralkan bau cempedak. Finally, I found that trick.

Pas ketika masuk penjagaan di pintu keberangkatan, Saya berdoa dalam hati semoga kardus saya tidak menghasilkan bunyi alert pas masuk ke dalam rel pemindaian barang. Dan kardus saya lolos. Giliran pas mau diangkat tiba-tiba petugas ngomong, “Ini kardusnya isi apa?”

Gila saya ketahuan. Dengan berakting ala brad Pitt, saya mencoba tersenyum ramah.

“Ini isinya buah, Tapi bukan buah Durian”

“Trus Buah Apa?

“Buah mangga. Dikasih sama bu kos”

“Oke. Gapapa.”

Alhamdulillah lolos juga. Padahal di kardus ini isinya ga cuma cempedak, tetapi juga buah durian kuning yang khas endemik pulau kalimantan. Sayang banget kalo durian endemik ini ga jadi oleh2 selain buah cempedak. well, karena buah-buahan ini selamat sampe tujuan, Saya ingin sekali mengucapkan terima kasih pada Bu Mila atas jurus ampuhnya.

“Terima Kasih Bu Mila”

Ah jadi kangen sama Bu Mila.

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di My Story dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke I Like Cempedak. Love it

  1. isnasaragih berkata:

    haha…ingat kiwi di harmony
    ;D
    btw beli cempedk berapa dus ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s