Kelenteng Seputar Singkawang : Ji Gong Temple (1)


IMG_4743

sumber foto : wesatajelajahindonesia.blogspot.com

IMG_4736

sumber foto : wesatajelajahindonesia.blogspot.com

Ji Gong. Begitu Orang Singkawang menyebutnya. Lokasinya cukup tersembunyi. Jauh dari keramaian kota dan agak terpelosok. Ji Gong Temple terletak di Jalan Sagatani Kelurahan Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. kalo dilihat, Ji Gong sekilas menyerupai sebuah kelenteng. Padahal sebenarnya Ji gong adalah sebuah Vihara, tempat suci umat agama budha. Di Singkawang sendiri agak susah mencari vihara. Hampir di sudut setiap kotanya penuh dengan kelenteng. So, saya mengambil kesimpulan kalo di Singkawang tuh penduduknya beragama konghucu (mudah2an bener ya?? ).

Selain ada yang bilang Ji Gong, ada juga yang bilang Vihara Chikung atau juga House of Help. Begitu yang saya baca dari tulisan papan kayu yang ada di vihara ini. Vihara ini merupakan salah satu tempat ibadah etnis tionghoa yang paling megah di Singkawang. Dibangun di atas lahan seluas 500 m2. Gak tau yah kalo sekarang apa masih dibilang yang termegah, soalnya saya terakhir mengunjungi vihara ini tahun 2009. Di sebelah Vihara ini terdapat Panti Wreda/panti jompo yang dimiliki oleh Yayasan Dharma Budha Cikung, yayasan yang juga mengurus vihara ini.

Salah satu keistimewaan Ji Gong temple adalah adanya Patung Sun Go kong aka kera sakti di Lantai 2 Vihara ini yang tingginya sekitar 3 meter. Patung Sun Go Kong ini diapit oleh dua Patung Naga yang terletak di sebelah kanan-kirinya. Ah kenapa ga diapit Patung Siluman Babi, Siluman Pasir sekalian sama Biksu Tong biar lengkap semua personel film kera sakti hehe.

IMG_4738

0512200985305122009851

Patung Budha Sidharta Gautama

05122009867

20100331-singkawang-9

Pavilion yang terletak di halaman depan Vihara. Di Pavilion ini terdapat Patung Budha di Lantai 2. Sayangnya pintu masuknya dikunci.

 IMG_4741   05122009876  05122009855

Patung Budha Cikung

20100331-singkawang-8

sumber foto : melayuonline.com

20100331-singkawang-10

foto : melayuonline.com

Budha Chikung sebenarnya adalah biksu chikung. Karena semasa hidupnya selalu berbuat kebajikan, maka orang-orang menggelarinya sebagai budha. Ji Gong ini adalah nama lain dari biksu Chikung.Biksu Chikung ini dikenal di dalam budha aliran maitreya.

buddha maitreya merupakan buddha yg akan datang, juga dikenal dengan smiling buddha atau happy buddha. maitreya adalah seorang boddhisatva, karena dia pernah berikrar kalau bumi ini belum damai, maka dia tidak akan naik menjadi buddha, sehingga masih reinkarnasi lagi. reinkarnasi terakhir dari maitreya adalah buddha chi kung / biksu berkantong. (sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071118144853AA05NRx)

Untuk mengetahui profil budha chikung selengkapnya bisa baca disini.

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di My Adventure dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kelenteng Seputar Singkawang : Ji Gong Temple (1)

  1. singkawang itu ada di kalimantan barat kan ?

  2. fakhruddin berkata:

    awal jan 2013, saya ngetrip ke kota ini & juga mengunjungi kelenteng yang dimaksud. sebagai penikmat wisata bangunan klasik saya sangat enjoy menikmati kota singkawang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s