Coret2 saja


Lama sudah tidak ngeblog lagi. kisah perjalanan banyak, tapi belum bisa semua ditampung dalam sebuah tulisan. lagi males. lupa jalan cerita. Padahal nulis itu penting. Jika seseorang lupa sebuah episode kisah perjalanan, Tulisan dan foto yang kamu abadikan, bisa membuat kamu teringat kembali. Meski sdh lama bertahun tahun lampau kisah itu terjadi. Menulis juga bisa menjadi amal jariyah abadi jika sekiranya tulisan itu mencerahkan. Mengubah hidup banyak orang. Banyak cendikiawan muslim ataupun sarjana barat yang karya karyanya tetap relevan sampai saat ini. sebut saja plato, aristoteles dan para filsuf Yunani. Untuk kalangan muslim kita mengenal Imam Al Ghazali, Ibn taimiyah, Jauzi al qayyim, imam syafii dan ibnu sina dll.

Anyway, tanggal 15 feb 2017, saya mau berangkat ke tanah suci plus backpacker ke turki. Impian yang sudah lama saya idamkan. Alhamdulillah, terima kasih Ya Rabb, yang telah melimpahkan rezekiMu sehingga bisa menunaikan ibadah ini. Pengennya backpacker lengkap menjelajahi negara timur tengah. napak tilas sejarah islam. Damaskus, Syam, Yaman, Yerusalem, Sungai Nil, Laut merah, bagdad, persia. Nama nama yg sering dikisahkan dalam alquran atau sirah nabawiyah. Nama nama yang mengundang saya penasaran dan tergelitik untuk mengunjunginya. Nama nama kota yang dulu islam pernah berjaya di masa keemasannya. Tapi apa daya, saya hanyalah seorang yang terikat dengan sebuah pekerjaan yang terbatas hanya mengambil rehat dg cuti yang tidak seberapa. Menjadi pegawai negeri adalah sebuah konsekuensi dimana idealisme kita dibatasi sebuah birokrasi. Kebebasan yang terpasung dengan rule rule, norma etika dan profesionalisme pelayan publik. ketika anda punya gagasan, semua dibicarakan dengan atasan anda. ketika anda ingin berlibur, semua dibicarakan dengan atasan anda. Ketika anda melayani rakyat yang ingin dilayani, lihat SOP, dimana kadang SOP seringkali kita temui sebuah kekakuan daripada fleksibilitas. Anda tidak bebas mengatur waktu sesuka anda. datang jam setengah 8 pagi, pulang jam 5 sore. Sekitar 9,5 jam. JUMLAH Jam kerja yang menurut saya hampir membunuh jam produktif selain jam rutinitas kerja. Jam 9 malam sudah tidur. praktis saya hanya memiliki 4 jam tersisa, dan itu harus dipotong dengan makan malam, shalat dll. 

Ya sudahlah. segalanya disyukuri dan dinikmati. Jika tak bisa menikmati, pilihan untuk resign sudah pasti. Tapi saya belum terpikir menuju kesana. saya masih sangat menikmati pekerjaan saya. 

Kemarin saya sempat menonton film hafalan salat delisa. Eh dalam hati tiba tiba nyeletuk hafalan ayat ayat Indra. wekss. Saya langsung teringat Baitullah. Apa hubungannya? Pergi pergi jauh ke tanah suci, rasanya ingin memberi dan membawa hadiah sepotong hafalan quran dari Indonesia. Langsung saya berazzam coba deh hafalin juz 30. Dulu waktu ngaji di TPA, hafalan surat hanya dari al ikhlas sampe al zalzalah. jadi belum komplit Juz amma. Dan dengan tersisa waktu 2,5 bulan sampai tulisan ini ditulis saya bisa menghafal juz 30, itupun dengan ayat ayat yang sering ketuker pd surat surat lainnya  karena ada beberapa ayat dalam surat tersebut memiliki banyak kesamaan seperti surat infitar, at takwir, insyiqaq. selain ketuker, ada yang hafalannya kadang putus di tengah jalan haha. memiliki seorang pembimbing ternyata itu penting. Terutama pembimbing utk setoran hafalan. buat penguatan hafalan. Sayangnya saya tidak memiliki teman berbagi hal tersebut. Mau ngajak seseorang takut riya atau jdi ujub, meski seharusnya saya tidak perlu merisaukan hal tersebut. Karena semua ibadah tergantung niatnya.

waktu yang tersedia untuk latihan atau mengulang hafalan sedikit susah. Kalo shalat berjamaah, kita tak bebas memilih bacaan setelah bacaan al fatihah. Dari banyak metode yang sudah saya uji coba, mengulang bacaan selepas shalat subuh adalah yang paling menguatkan. dan selama 5 bulan ini saya masih mengulang hafalan juz 30 ditambah surat Ar rahman, al mulk dan al kahfi. Semoga nanti ketika tiba saatnya saya sampai tanah suci, semua hafalan itu bisa saya tunaikan. Amin.


Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s