Aplikasi menghafal Alquran


Di playstore android banyak sekali bertebaran aplikasi menghafal quran. Dari sekian banyak aplikasi macam ini, ada satu aplikasi yang sudah paten saya jadikan alat untuk menghafal quran. Namanya myquran ina. Fiturnya lebih ramah terhadap pengguna dari Indonesia menurut saya. Tulisan arabnya versi Indonesia. Saya pernah membaca alquran versi arab di masjidil haram pas umroh. Ada beberapa tanda baca yang hilang sehingga butuh adaptasi. Alquran terbitan arab dan terbitan versi kemenag indonesia bisa berbeda dari tanda baca meski bacaannya sama. Aplikasi my quran ina ini lebih cocok untuk orang Indonesia, apalagi yang dulu dasarnya mengaji menggunakan buku iqra jilid 1 sampai jilid 6.

Myquran Ina ini terdapat 2 versi yaitu berbayar dan versi gratis atau free. Sayangnya untuk yang versi gratis belum mampu mengakomodasi kebutuhan  para pemula yang menghafalkan quran. Myquran ina versi gratis hanya membolehkan prnyimpanan sebanyak 5 hafalan surat. Misal surat albaqarah sampai almaidah. Kalau ingin menambah atau mengganti surat lagi, tidak bisa dilakukan. Agar bisa menambah surat, maka pengguna harus membeli aplikasinya yang versi berbayar. Biayanya cukup murah hanya 19.900. Bisa membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit bahkan pulsa. Dengan harga yang tdak terlalu mahal itu, kamu mendapat banyak kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini. InsyaAllah Tidak rugi.

Pengguna bisa memilih surat dan ayat yang ingin dihafalkan. Saya biasanya menyimpan 5 ayat pertama sebuah surat, kemudian 5 ayat selanjutnya dan apabila kualitas hafalan bertambah, ayatnya bisa ditambahkan lebih banyak seperti yang tertera di gambar atas.

Di aplikasi myquran ina, pengguna bisa memilih gaya bacaan model qari yang  disukai. Pengguna bisa mencoba satu surat dengan beragam versi qari.

Selain fitur terdapat beberapa pilihan qari, ada fitur canggih lainnya dari aplikasi ini. Aplikasi ini bisa mengulang ayat ayat yang sedang dihafalkan dengan menekan tombol pengulangan. Biasanya untuk memudahkan menghafal satu ayat, saya biasa melakukan 30 kali pengulangan, sampai benar benar hafal di luar kepala.

kelebihan lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah kemampuannya untuk terhubung secara offline. Jadi membuka aplikasi ini tidak memerlukan syarat terhubung secara online dengan jaringan sehingga tidak memakan kuota. Syaratnya harus mendownload dulu surat tersebut menggunakan paket data dan selanjutnya bisa dsimpan diperdengarkan secara offline kapanpun dan dimana saja. Tanpa merasa khawatir membuang kuota paket data. Kalau sedang dalam berkendara dg bus dan melakukan perjalanan jarak jauh, aplikasi ini bisa jadi teman terbaik perjalanan. Kalau ke pasar, lagi mengantar ortu belanja, sambil duduk manis di jok motor menunggu ortu selesai belanja, aplikasi ini cocok untuk membuang rasa kebosanan.

Dalam menghafal quran, saya memiliki tips dan trik sendiri. Saya biasa menghafal selepas shalat shubuh 5 ayat. Diulang ulang lagi menggunakan audio aplikasi ini. Setelah dikira hafal, saya memurojah sendiri hafalan saya. Hari berikutnya 5 ayat selanjutnya, setelah dikira hafal, saya mengulang 5 ayat sebelumnya dan 5 ayat sesudahnya. Begitu seterusnya. Entah kenapa hafalan saya lebih kuat selepas shalat subuh daripada di waktu waktu lainnya. Untuk mengecek kualitas hafalan, saya biasanya menggunakan hafalan saya sebagai surat yang saya bacakan ketika shalat sunnah. Pernah saya 2 minggu lupa menghafal atau memurojaah kembali hafalan disebabkan kesibukan saya. Akibatnya beberapa hafalan saya terputus. Tapi kalo dihafalkan kembali, insyaAllah ingatan hafalan bisa cepat pulih kembali. Itu mengapa terkadang butuh sebuah istiqamah dan kedisiplinan dalam menghafal Alquran. Seorang hafidz saja setiap harinya harus membaca minimal 3-5 juz agar kokoh terus hafalannya. So, buat kamu yang hari ini ingin menghafal alquran, bisa dicoba aplikasi ini. Salam

Iklan

Tentang Indra

Civil Servant and Independent Traveler
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s